7 Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Perusahaan yang Baik

Lingkungan Kerja
via: www.pexels.com

Lingkungan kerja merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah perusahaan besar maupun mandiri. Bagaimana bisa? Untuk mencapai hasil kerja yang maksimal, tiap individu harus mendapatkan tingkat kenyamanan yang maksimal pula. Dan untuk mencapai tingkat kenyamanan tersebut maka, lingkungan kerja yang diciptakan harus baik. Ketika seseorang sudah mulai nyaman di tempat kerja, dia dapat fokus untuk bekerja sehingga pekerjaan yang mereka hasilkan bisa maksimal. Lalu bagaimanakah cara menciptakan lingkungan kerja yang baik? Berikut Simara berikan 7 cara menciptakan lingkungan kerja yang baik.

1. Rekrutlah karyawan dengan kepribadian positif

Kualitas karyawan adalah cerminan dari kualitas perusahaan. Mengapa demikian? Karena setiap karyawan pasti memiliki peran masing-masing dalam pembentukan suasana kantor. Jika karyawan yang memiliki kepribadian positif lebih banyak maka dampak positif yang diberikan pasti lebih banyak juga, begitupun sebaliknya.

2. Terapkan 3K (kebersihan, kerapihan dan keindahan)

Hal ini merupakan poin yang paling mendasar dan penting dalam lingkungan kerja. Dengan suasana yang nyaman dan kondusif, karyawan Anda tidak akan mudah merasa stres dan tertekan dengan pekerjaan sehari-hari. Sebaliknya, mereka akan mulai mencari ide atau inovasi yang berguna dalam mempertahankan kondisi yang sudah ada.

3. Membuat komunikasi yang baik antar karyawan

Setiap Individu pasti membutuhkan komunikasi untuk mengemukakan pendapat dan memperoleh solusi dari masalah yang dimilikinya. Oleh karena itu, komunikasi antar karyawan sangat penting dibangun untuk menciptakan lingkungan yang baik. Komunikasi yang baik juga dapat mempererat hubungan dengan karyawan lainnya sehingga mereka dapat bekerja dengan maksimal. Apalagi jika Anda telah menerapkan 2 poin di atas, pasti membangun komunikasi yang baik akan jauh lebih mudah. 

4. Ciptakan lingkungan kerja yang senang berbagi ide

Apabila komunikasi antar karyawan sudah berjalan dengan lancar, maka Anda dapat menerapkan poin ini dalam perusahaan Anda. poin ini dapat membuat perusahaan Anda berkembang dengan cepat. Coba bayangkan, jika para karyawan berdiskusi tentang sebuah ide dari 1 karyawan saja. Lalu ide tersebut akan berkembang seiring para karyawan berdiskusi dan akhirnya menjadi sebuah ide yang kompleks. Dan ide dari para karyawan ini dapat anda gunakan untuk perkembangan perusahaan Anda.

5. Memberikan kebebasan pada karyawan

Kebebasan disini bukan berarti memberikan kebebasan sepenuhnya untuk karyawan. Kebebasan disini berarti karyawan bebas menggunakan fasilitas kantor dengan baik, karyawan bebas untuk mendesain meja kerja mereka senyaman mungkin. Mereka bebas melakukan apapun yang membuat mereka nyaman tanpa merugikan diri sendiri dan rekan kerja lainnya. 

6. Rayakan momen spesial bersama karyawan

Merayakan momen spesial bersama karyawan dapat berdampak baik pada keadaan psikis karyawan. Dengan merayakan momen spesial bersama mereka, mereka akan merasa bahwa mereka telah dianggap di lingkungan kerja tersebut, mereka akan merasa bahwa mereka dihargai oleh perusahaan tersebut dan secara tidak langsung tingkat loyalitas mereka kepada perusahaan juga meningkat.

7. Ciptakan Budaya Kerja yang Produktif dan Efektif

Meskipun terdengar sepele, namun produktivitas dan keefektifan kerja akan sangat berpengaruh pada terciptanya lingkungan kerja yang baik. Budaya seperti ini akan membentuk atmosfer kerja yang kompetitif dan menantang. Untuk menciptakan budaya ini Anda dapat mengadakan pelatihan karyawan, seminar, menentukan SOP (Standard Operating Procedure) Kerja dan memaksimalkan penggunaan teknologi dalam membantu aktivitas bisnis perusahaan. Seperti ketika Anda memutuskan menggunakan Simara untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam kegiatan surat menyurat di Perusahaan Anda.

Simara adalah aplikasi eoffice masa kini yang akan membantu Anda menyediakan ruang penyimpanan digital sebagai tempat arsip dokumen surat Anda. Dengan begitu space ruang kantor Anda akan semakin luas dan nyaman karena Anda tidak harus menyimpan dokumen surat dalam bentuk fisik. Informasi lebih lanjut tentang Simara dapat Anda dapatkan di sini