Membangun Suasana Nyaman di Tempat Kerja

Bekerja merupakan salah satu aktivitas yang banyak menyita waktu, tenaga, dan pikiran. Akan tetapi, hal tersebut akan terbayar lunas dengan hasil kerja yang memuaskan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk membantu suasana yang nyaman di tempat kerja agar anda menjadi betah dan semakin produktif dalam bekerja. Berikut ini adalah tips untuk membuat suasana yang nyaman ditempat kerja.

Awali dari Diri Sendiri

Suasana yang nyaman tidak hanya tercipta dari tempat dan rekan kerja saja. Akan tetapi, suasana yang nyaman bisa berasal dari diri kita sendiri. Mulailah hari kerja dengan senyum dan semangat. Di samping itu, berpikirlah positif mengenai pekerjaan Anda akan bermanfaat dan baik bagi diri anda dan orang lain.

Dalam bekerja, Anda juga harus selalu berpikiran terbuka. Ada banyak hal yang bisa saja terjadi di tempat kerja. Jika Anda mulai bosan dengan keteraturan atau merasa ada yang salah dengan tempat kerja Anda, segera ambil inisiatif agar tempat kerja Anda kembali nyaman. Jangan lewatkan jam istirahat, gunakanlah seefektif mungkin. Dengan fisik dan mental yang kuat, Anda akan bekerja dengan lebih nyaman.

Beradaptasi dengan Baik

Setelah selesai dengan diri Anda, selanjutnya perhatikan lingkungan kerja Anda. Amati sistem, budaya dan metode kerja yang ada. Beradaptasilah dengan baik dan Anda juga bisa menggunakan metode kerja lain yang dirasa akan lebih efektif. Kenali juga rekan kerja Anda. Rekan kerja yang menyenangkan akan meningkatkan kenyaman Anda dalam bekerja. Hal ini bisa dimulai dengan mengobrol ringan saat jam istirahat atau bahkan Anda bisa mengatur waktu untuk sesekali menghabiskan akhir pekan bersama.

Percantik Ruang Kerja

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah menata ruang kerja Anda agar menjadi lebih nyaman. Anda bisa menambahkan beberapa perlengkapan menarik seperti jam pasir atau foto keluarga di meja kerja Anda untuk mengurangi rasa bosan maupun menambah semangat. Selalu menjaga kebersihan dan kerapian meja dan ruang kerja Anda karena hal tersebut dapat meningkatkan suasana nyaman saat bekerja.

Gunakan Sistem Manajemen Persuratan Digital

Kegiatan surat-menyurat merupakan salah satu aktivitas yang membutuhkan banyak kertas. Kertas-kertas yang menumpuk banyak akan memakan banyak tempat pada ruang kerja Anda. Tentunya, akan mengganggu kenyamanan Anda saat bekerja. Beralih menggunakan sistem manajemen persuratan digital merupakan solusi efektif untuk dapat menghemat penggunaan kertas dan menambah kenyamanan Anda saat bekerja. Simara salah satunya. Simara adalah aplikasi E-Office masa kini berbasis web yang berfungsi untuk mempermudah proses persuratan dalam dan luar instansi secara aman, hemat, dan cepat. Aplikasi ini berbasis online, sehingga dapat diakses kapan saja dimana saja.

Itulah tadi beberapa cara membangun suasana nyaman di tempat kerja. Semoga membantu!

Sumber: alumni.ugm.ac.id