Cara Tepat Meminimalkan Penggunaan Kertas

 

Perubahan iklim terjadi karena padatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer bumi akibat produksi gas rumah kaca berlebih dan penyerapan karbon yang tidak maksimal. Hutan adalah penyerap karbon yang paling utama. Tapi, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk dan aktivitas manusia yang semakin beragam, manusia mengeksplorasi dan mengeksploitasi hutan.

Aktivitas kita sehari-hari tidak jauh dari penggunaan kertas. Tanpa disadari, setiap 15 rim kertas ukuran A4 membutuhkan bahan baku dari 1 pohon besar. Bayangkan jika ratusan juta manusia menggunakan paling tidak 10 lembar kertas dalam 1 hari, pasti diperlukan penebangan ratusan pohon. Itu berarti, keberadaan hutan akan terancam.

Hutan dataran rendah di Sumatera, antara tahun 1990-2000 sudah hilang hampir 65-80% karena penebangan pohon untuk membuka perkebunan dan hutan tanaman industri guna memproduksi bubur kertas untuk memenuhi kebutuhan kertas kita.

Sudah saatnya kita mengambil tindakan untuk mengurangi penggunaan kertas. Caranya dengan membiasakan diri untuk tidak mencetak  dokumen. Gunakan teknologi seperti menyimpan dokumen secara digital, misal menyimpan dokumen dalam komputer atau flashdisk. Gunakan juga file atau dokumen tersebut secara digital dengan membaca atau mempresentasikan dokumen menggunakan komputer. Maksimalkan juga penggunaan surat elektronik untuk berbagi (sharing) file atau dokumen.

Kalau memang terpaksa menggunakan kertas, kita masih bisa menghemat kertas, dengan cara:

  • Gunakan kertas dua sisi
  • Gunakan kertas bekas
  • Gunakan kertas daur ulang atau kertas berbahan non kayu.

Menghemat penggunaan kertas juga bisa dilakukan dengan menggunakan E-Office. E-Office merupakan aplikasi perkantoran yang mengganti proses administrasi berbasis manual ke proses berbasis elektronik dengan memanfaatkan fasilitas jaringan lokal (LAN), maupun jaringan internet (online). Simara adalah aplikasi E-Office masa kini berbasis web yang berfungsi untuk mempermudah proses persuratan dalam dan luar instansi secara aman, hemat, dan cepat. Aplikasi ini berbasis online sehingga dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Anda bisa mencoba Simara secara GRATIS di sini!

 

Sumber: P-WecWWF.or.idDitjen PPI