Bagaimana Solusi untuk Keamanan Pada Surat atau Arsip Perusahaan?

Pertanyaan ini memang kerap muncul di benak para owner perusahaan, baik itu perusahaan dalam partai besar maupun kecil. Semua pelaku bisnis pasti menginginkan dokumen, surat atau arsip perusahaan dijauhkan dari segala risiko kerusakan atau kehilangan data. Risiko dapat berasal dari bencana alam maupun pesaing perusahaan yang berusaha mendapatkan data perusahaan Anda. Risiko tersebut dapat diminimalisir dengan adanya e-office.

E-Office (Electronic Office) atau Perkantoran Elektronik adalah suatu sistem aplikasi tata kelola perkantoran organisasi/perusahaan berbasis elektronik. Sistem ini menggantikan proses administrasi dan manajemen terdahulu yang berbasis manual. E-Office memanfaatkan fasilitas jaringan komputer, baik jaringan intranet, internet, maupun jaringan lain. Oleh karena itu, E-Office juga dapat didefinisikan sebagai suatu sistem aplikasi yang membantu menjalankan dan mengatur aktivitas dan kinerja setiap orang pada suatu kantor atau perusahaan.

Dengan adanya E-Office, tidak perlu khawatir akan kehilangan atau mengalami kerusakan dokumen, karena semua sudah tersimpan secara digitalisasi di server yang ditempatkan di Pusintek. Dengan sistem single database, semua data disimpan pada server yang berkapasitas besar. Backup data selalu dilakukan untuk menjaga keamanan data apabila sewaktu-waktu terjadi hambatan pada server utama. Untuk masuk ke aplikasi ini, digunakan user masing-masing pegawai sehingga pihak yang terlibat dalam pembuatan surat terdokumentasikan. Pihak yang membuat konsep dan yang memberi persetujuan terdokumentasi dengan baik sehingga jika suatu saat dibutuhkan orang yang bertanggungjawab terhadap isi surat, maka akan lebih mudah melacaknya. Simara.id dapat memberikan solusi untuk memberikan jaminan kemanan terhadap data persuratan perusahaan Anda.

Simara merupakan aplikasi E-Office masa kini yang berfungsi untuk mempermudah sistem manajemen persuratan dari dalam dan luar instansi secara aman, hemat, dan cepat. Dengan menggunakan Simara Anda tidak perlu kebingungan lagi di mana harus menyimpan berkas surat, karena berkas surat tersebut akan langsung disimpan ke dalam server Anda sendiri dalam bentuk data digital. Dengan menyimpannya di server sendiri, Anda dapat meminimalisir terjadinya pencurian data perusahaan. Untuk dapat merasakan pengalaman menggunakan Simara, Anda dapat mencobanya secara GRATIS di sini.

Sumber: Kemenkeu