6 Manfaat dan Peran Penting Website Bagi Sebuah Perusahaan

Aplikasi Eoffice SIMARA
Seperti yang sudah kita ketahui, perkembangan teknologi di dunia menjadi semakin canggih. Keberadaan internet sangat mendukung dalam segala bentuk kegiatan, termasuk kegiatan komersial untuk suatu perusahaan maupun usaha mandiri. Karena itu, sebuah bisnis saat ini sangat bergantung dengan perkembangan Teknologi.Sebuah Perusahaan harus memiliki sebuah website untuk mendukung kegiatan dan peningkatan penjualan perusahaan. Lalu apakah yang dimaksud dengan website?

Apakah website itu?

Website adalah kumpulan informasi/kumpulan page (halaman) yang diakses lewat jalur internet dan terdiri dari URL (Uniform Resource Locator) yaitu cara penamaan alamat file di Internet. Sebagai contoh untuk alamat website simara adalah simara.id. Website dapat diakses oleh setiap orang kapanpun dan di manapun selama mereka terhubung dengan internet. Apa saja manfaat dan peran penting website bagi sebuah perusahaan? Berikut simara berikan 6 manfaat dan peran website bagi sebuah perusahaan.

Manfaat website bagi sebuah perusahaan

  • Dapat memperluas market / segmentasi pasar Dengan adanya website, Anda dapat memperluas market / segmentasi pasar perusahaan Anda. Misalnya saja simara.id yang kantornya bertempat di Ruko IA, Jl. Pesawon Semampir, Kabupaten Sidoarjo, tanpa adanya website simara hanya dapat menjangkau area Sidoarjo dan sekitarnya. Tetapi, dengan adanya website simara.id, maka segmentasi pasarnya dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga ke seluruh penjuru dunia.
  • Meningkatkan omset penjualan Dengan semakin meluasnya segmentasi pasar produk/jasa Anda, maka akan berdampak juga pada omset perusahaan Anda yang akan semakin mengalami peningkatan.
  • Sumber informasi bagi pelanggan Website dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk / layanan yang diberikan. Website dapat mengarahkan pelanggan ke informasi yang lebih lengkap tanpa harus cetak brosur atau katalog. Seperti pada simara.id, pada halaman websitenya terdapat informasi yang lengkap seperti Fitur Aplikasi, Video Tutorial, Kontak, Cara Order sampai dengan fitur chat/tanya jawab dengan admin.
                 
  • Tidak Terbatasi Oleh Ruang dan Waktu

Pelanggan dapat mengunjungi website Anda kapan pun dan di mana pun selama terkoneksi dengan internet. Apalagi dengan adanya teknologi smartphone, pelanggan akan lebih mudah lagi mengakses website Anda tanpa harus repot-repot pergi ke kantor atau pulang ke rumah untuk menghidupkan komputer. Cukup memasukkan alamat simara.id di browser yang telah terpasang pada smartphone maka pelanggan dapat mengetahui informasi lengkap tentang simara.

  • Meningkatkan Kredibilitas Produk atau layanan Dengan mempunyai website, sebuah perusahaan akan terkesan lebih profesional. Apalagi jika website tersebut menggunakan fitur  SSL / HTTPS. Hal itu dikarenakan perusahaan akan lebih dipercaya oleh pelanggan dengan jaminan keamanan informasi, data, dan lainnya.
  • Mendekatkan Hubungan Dengan Pelanggan Dengan adanya website Anda akan jauh lebih mudah melakukan Customer Relationship Management (Manajemen hubungan dengan pelanggan). Anda bisa melakukanya dengan memberikan suatu informasi pada halaman website tersebut atau Anda juga bisa menggunakan fitur web chat seperti website simara.id.

Peran website bagi sebuah perusahaan

  • Branding
Membangun branding juga sangat penting untuk dilakukan oleh perusahaan. Website dapat menjadi senjata utama dalam membangun dan menancapkan brand produk Anda di benak para pelanggan. Apalagi jika Anda mampu mendesain website perusahaan secara khusus sehingga memiliki ciri khas tersendiri, maka brand produk Anda akan semakin mudah tertanam di benak para pelanggan.
  • Sarana Penjualan Produk
Website dapat berfungsi sebagai sebuah etalase produk yang berisi penjelasan lengkap yang informatif mengenai produk tersebut. Anda tidak perlu membuang waktu untuk menjelaskan detail produk berulang kali, karena semuanya sudah tersajikan lengkap pada halaman website.
  • Meningkatkan Kepercayaan Perusahaan Anda
survey mengatakan bahwa saat ini orang-orang akan cenderung melakukan riset kecil sebelum membeli atau menggunakan sebuah produk atau jasa. Jadi, jika akun media sosial dan website produk Anda tidak ditemukan di media online, kepercayaan mereka terhadap perusahaan Anda akan menurun. Pada akhirnya, mereka lebih memilih produk kompetitor yang menurut mereka lebih terpercaya.
  • Mempermudah Komunikasi
Melalui website, Anda bisa lebih mudah berkomunikasi baik dengan klien, teman maupun calon konsumen. Saat ini beberapa website modern terdapat fitur komunikasi yang memungkinkan Anda melakukan komunikasi dua arah. Seperti pada simara.id terdapat fitur chat langsung melalui website ataupun link chat menuju whatsapp jika konsumen menginginkan tingkat respon yang lebih cepat.
  • Sarana Publikasi Resmi Perusahaan
Banyak opsi media publikasi resmi yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana publikasi produk/jasa Anda. Bisa melalui media cetak, TV, radio ataupun media lainnya. Namun media tersebut memasang tarif yang cukup mahal untuk dapat mempromosikan produk Anda. Dengan adanya website, Anda dapat lebih menghemat biaya untuk beriklan dan Anda dapat memilih cara beriklan yang Anda suka.
  • Kemudahan Memberikan Informasi
Dengan memiliki sebuah website, perusahaan akan lebih mudah untuk mengupdate informasi terbaru mengenai produk/jasa Anda. Seperti jadwal kegiatan, promo terbaru, artikel terbaru, produk-produk baru dan informasi lainnya. Maka dengan adanya website, Pelanggan bisa mengetahui segala perkembangan informasi terbaru dari produk/jasa Anda dengan melalui website.

Demikian beberapa peran dan manfaat penting website dalam suatu perusahaan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjadi pertimbangan bagi Anda yang hendak membuat website untuk perusahaan. Jika perusahaan Anda memerlukan sebuah aplikasi e-office (sistem manajemen persuratan) berbasis website silahkan kunjungi simara.id.