Foto : simara

Bahasa pemrograman PHP cukup populer di kalangan developer. Kepopuleran dan eksistensi dari PHP tentunya tak luput dari keunggulan-keunggulan yang dapat diberikan oleh bahasa pemrograman ini.
Lantas, apa saja keunggulan-keunggulan dari bahasa pemrograman PHP ?
Apa yang membuat para web developer menggunakan menggunakan bahasa pemrograman PHP dalam mengembangkan suatu website ?

Berikut 5 keunggulan PHP

1. User Friendly

PHP relatif mudah untuk dikuasai dan dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain. Apabila suatu web memiliki fungsionalitas yang cukup kompleks, pembuatan kode dapat diminimalisir jika Anda menggunakan PHP. Selain itu, aplikasi web berbasis PHP tergolong aman dibandingkan dengan aplikasi web yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman lain.

2. Open Source

Tak sulit jika Anda ingin menggunakan PHP. Sebab, PHP merupakan bahasa pemrograman yang tidak berbayar (open source) yang dapat digunakan oleh siapa saja. Akses PHP yang cukup mudah merupakan salah satu keunggulan dari bahasa pemrograman ini.

Baca Juga:  3 Cara Peningkatan Keamanan Untuk Aplikasi Laravel

3. High Performance

PHP dapat meningkatkan kecepatan pengembangan suatu situs serta memiliki performa yang maksimal pada server Apache. Selain itu, PHP juga dapat terintegrasi dengan baik pada database MySql.

4. Cross Platform

Keunggulan bahasa pemrograman PHP selanjutnya adalah multi-platform. Artinya, PHP dapat berjalan lancar di berbagai OS. PHP merupakan pilihan yang tepat apabila Anda ingin mengembangkan suatu situs yang dapat berjalan lancar pada berbagai sistem operasi seperti Unix, Linux, ataupun Windows, dan Mac OS.

5. Prominent in CMS

Content Management System atau yang biasa disingkat dengan CMS adalah sebuah aplikasi untuk mengelola konten dari suatu situs. Pada umumnya, para web developer mengembangkan CMS menggunakan PHP. Dengan PHP, Anda dapat mengembangkan beberapa CMS terbesar seperti wordpress, drupal, dll. Demikan artikel dari Logique mengenai keunggulan PHP.

itulah 5 keunggulan bahasa pemrograman PHP yang dapat saya rangkum, semoga bermanfaat guys…


sumber : rangkuman dari berbagai media