Dalam beberapa tahun terakhir, PHP sudah menjadi pilihan para developer sebagai bahasa scripting yang banyak digunakan. Dengan meningkatnya popularitas PHP, semakin banyak framework PHP yang muncul di luar sana. Ada banyak pertanyaan tentang apa terbaik di luar sana?

Sebenarnya, framework PHP sendiri memang dibuat untuk tujuan yang berbeda. Jadi mana yang terbaik untukmu belum tentu terbaik untuk orang lain. Nah sebagai referensi, berikut ini daftar framework PHP terbaik dan paling terkenal saat ini:

1. Laravel

Laravel pertama kali dirilis pada tahun 2011. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Sitepoint, Laravel adalah framework yang paling banyak digunakan oleh developer.

Laravel sendiri memang memiliki banyak fitur yang dapat membantu developer untuk membuat aplikasi lebih cepat. Laravel juga memiliki mesin templating ringan yang diberi nama “Blade”. Tidak hanya itu, Laravel juga memiliki sintaks yang bisa membantumu untuk melakukan tasks seperti autentikasi, sessionsqueueingcaching, dan routing RESTful.

2. The Zend Framework

The Zend Framework memiliki banyak pengguna dan komunitas yang besar. Karena komunitas yang besar, Zend Framework memiliki banyak dukungan dan basis pengguna yang aktif. Zend bisa dibilang sebagai framework PHP paling terkenal saat ini.

Zend memiliki banyak sekali fitur yang memang dibuat untuk pengembangan pada level korporat. Selain itu, untuk menggunakan Zend, kamu perlu memiliki pengetahuan PHP yang cukup dalam.

3. CakePHP

Bagi kamu yang baru mulai menggunakan framework PHP, CakePHP yang paling tepat.

Dibangun dengan prinsip yang sama dengan Ruby on Rails, CakePHP berfokus pada pengembangan yang cepat. Jadi jika kamu perlu melakukan pengembangan website dalam waktu singkat, CakePHP bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan kemudahan penggunaan, skalabilitas, dan sistem support yang terus bertumbuh, CakePHP bisa menjadi pilihan untuk proyekmu selanjutnya.

4. Symfony

Framework PHP terbaik yang satu ini lebih cocok untuk developer yang sudah mahir. Symfony sendiri memang dibuat dengan tujuan untuk membuat aplikasi di level korporat. Contoh website yang menggunakan Symfony adalah Askeet dan Yahoo! Bookmarks.

Framework PHP ini memang memiliki banyak fitur dan bisa digunakan untuk banyak hal. Namun, Symfony sendiri bekerja sedikit lebih lambat jika dibanding dengan framework yang lain.

5. CodeIgniter

CodeIgniter dikenal dengan kemudahan penggunaan, kinerja yang baik, serta kecepatannya. Berbeda dengan Symfony, framework PHP yang satu ini cocok untuk digunakan di akun shared hosting atau jika kamu ingin menggunakan framework yang memiliki footprint kecil.

CodeIgniter juga memiliki perpustakaan yang berisi video tutorial, forum, user guide (panduan pengguna), dan halaman wiki untuk support. CodeIgniter juga bisa digunakan oleh pemula.

6. Seagull

Seagull adalah framework PHP yang terkenal untuk membuat website, command line, dan aplikasi GUI. Framework yang satu ini mudah digunakan untuk semua pengembang – mulai dari pemula sampai coder yang sudah ahli.

Untuk pemula, Seagull memiliki contoh-contoh aplikasi yang bisa kamu kustomisasi agar sesuai dengan kebutuhanmu. Untukmu yang sudah expert, Seagull menawarkan beberapa pilihan, termasuk di antaranya praktik dan standar terbaik serta modular code-base agar kamu bisa membangun aplikasi web dengan cepat dan mudah.

Seagull juga memiliki komunitas developer yang aktif. Selain itu, mereka juga memiliki dokumentasi support sekiranya kamu memerlukan bantuan.

Kesimpulan

Framework PHP adalah cara yang bagus untuk developer dari semua tingkat keterampilan untuk mengurangi kebutuhan pengulangan kode, mempercepat proses pengembangan, dan memastikan penggunaan kode yang tepat saat membuat aplikasi web.

Ini tidak hanya dapat mempercepat pengembangan aplikasi tetapi juga memperketat keamanan PHP dengan mengurangi risiko lubang keamanan dalam hasil kerjamu.

Ada banyak framework PHP terbaik yang tersedia saat ini, jadi mudah bagi pengembang untuk menemukan framework yang sesuai dengan kebutuhannya dalam hal fitur, dukungan, kecepatan, skalabilitas dan banyak lagi.

Semoga artikel ini membantu ya!